Kamis, 22 Desember 2016

Flu Tapi Sembuhnya Lama, Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini

Flu Tapi Sembuhnya Lama, Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini

Baca Juga

Flu Tapi Sembuhnya Lama, Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini

Pilek atau flu mungkin penyakit ringan yang biasa kita alami. Tapi kalau pilek nggak sembuh-sembuh dalam waktu lebih dari lima hari, sebaiknya jangan dianggap sepele, karena itu bisa jadi gejala dari sinusitis.
Sinusitis adalah peradangan sinus, rongga berisi udara yang bisa ditemukan di berbagai tengkorak: frontal (bagian bawah dahi), mixillary (tulang pipi), sphenoid (bagian belakang rongga hidung), dan ethmoid ( di antara jembatn hidung dan mata).
Jadi, sinusitis bukan penyakit flu biasa, karena ini bisa sangat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan kita.
Menurut spesialis THT (telinga-hidung-tenggorokan) dr. Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL, akan terjadi pusing atau rasa nyeri pada wajah dan kepala ketika seseorang mengalami sinusitis.
Ini terjadi karena adanya proses inflamasi atau pembekakan di mukosa rongga hidung yang menyebabkan kepala pusing atau nyeri pada wajah sesuai dengan letak kelainan rongga sinus yang terjadi.
Pokoknya, kalau rasanya nggak enak banget deh kalau terjangkit sinusitis. Coba deh kenali apa aja penyebabnya supaya kita bisa segera mencegah atau mengobati biar nggak semakin parah.
Ada Infeksi di hidung
Biasanya penyebab muncunya sinusitis terjadi karena adanya infeksi yang ditimbulkan oleh virus atau bakteri. Infeksi ini akan memicu terjadinya radang.
Peradangan bisa timbul di sekitar rongga hidung ataupun tenggorokan, peradangan biasanya bisa terjadi pada organ-organ di daerah sekitar rongga hidung dan tenggorok seperti amandel atau tonsil dan kelenjar adenoid.
Peradangan ini kemudian menimbulkan sakit da nyeri di area rongga hidung dan tenggorok.
Sumbatan Rongga Hidung
Sumbatan yang terjadi di rongga hidung bisa disebabkan oleh penyakit maupun kelainan struktur anatomis hidung.
Penyakit yang bisa menimbulkan terjadi sinusitis antara lain adalah tumor, polip. Karena timur dan polip di rongga hidung mampu menimbulkan sumbatan yang selanjutnya menjadi  sinusitis.
Bentuk anatomi tulang hidung yang bengkok juga bisa menyumbat aliran udara sehingga memicu munculnya sinusitis.
Alergi
Kamu punya alergi makanan? Atau alergi cuaca? Soalnya alergi zat kimia pada makanan ataupun udara ekstrim, baik panas atau dingin bisa menjadi salah satu penyebab sinusitis.
Pada kondisi terkena alergi, respon tubuh akan mengalami radang dan pembengkakan.
Kalau pembekakan terjadi di wilayah sinus, maka terjadilah sumbatan rongga sinus menimbulkan sinusitis.
Trauma Fisik
Bisa jadi kita pernah mengalami kecelakaan kecil yang menyebabkan trauma fisik pada hidung yang bisa menyebabkan sinusitis. Misalnya seperti stress, kemasukan air, dan sebagainya yang bisa menyebabkan pendarahan yang berujung sinusitis.
Infeksi Pada Gigi
Kita ternyata juga perlu hati-hati nih buat merawat gigi. Karena ternyata gigi dan hidung itu ada hubungannya.
Kalau terjadi infeksi di gigi geraham atas kanan maupun kiri, terutama geraham 1,2 dan 3, ini bisa menjalar sampai ke dalam rongga sinus maksilari dan mengakibatkan sinusitis.
Semoga beramanfaat ~!
sumber :http://bangka.tribunnews.com/2016/02/17/flu-tapi-sembuhnya-lama-bisa-jadi-anda-kena-penyakit-ini?page=2
Baca juga : 

Related Posts

Flu Tapi Sembuhnya Lama, Bisa Jadi Anda Kena Penyakit Ini
4/ 5
Oleh